10 Manfaat Olahraga Yoga Bagi Tubuh

03 Jan 2019

Berlatih yoga secara rutin dapat mengubah suasana hati, pikiran dan menjaga kesehatan Anda. Berikut sepuluh manfaat olahraga yoga bagi tubuh yang wajib Anda ketahui.

1. Menurunkan Stres
Yoga dikenal karena dianggap dapat meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Bahkan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan kortisol, hormon penyebab stres.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Dari memompa darah ke seluruh tubuh untuk memasok jaringan dengan nutrisi penting, kesehatan jantung adalah komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung.

3. Menambah Kualitas Hidup
Yoga menjadi terapi tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi banyak individu. Penelitian menyebutkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesejahteraan rohani, meningkatkan fungsi sosial dan mengurangi gejala kecemasan

4. Fleksibilitas dan Keseimbangan
Banyak orang menambahkan yoga sebagai rutinitas untuk meningkatkan kebugaran mereka. Berlatih hanya 15-30 menit yoga setiap hari dapat membuat perbedaan besar bagi mereka yang ingin meningkatkan kinerja dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

5. Dapat Meningkatkan Kekuatan
Selain meningkatkan fleksibilitas, latihan yoga secara rutin dapat membangun kekuatan. Gerakan yoga yang pelan dan terkontrol membuat otot-otot di dalam tubuh bergerak dan menahan pose yoga. Bahkan, ada pose khusus dalam yoga yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan membangun otot. 

6. Dapat Membantu Meningkatkan Pernafasan
Pranayama atau pernapasan yoga, adalah latihan yoga yang berfokus pada pengendalian nafas melalui latihan dan teknik pernapasan. Sebagian besar jenis yoga menggabungkan latihan pernapasan ini. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berlatih yoga dapat membantu meningkatkan pernapasan.

7. Memperbaiki Postur
Postur yang baik memengaruhi setiap sistem di tubuh, termasuk sistem pencernaan, otot, peredaran darah, dan saraf. Berlatih yoga dapat memperbaiki postur dan memastikan bahwa tubuh dalam kondisi berfungsi optimal.

8. Menurunkan Berat Badan
Yoga dapat menjadi olahraga yang menurunkan berat badan bila diterapkan dengan benar. Latihan yoga yang teratur dapat membantu tubuh membakar kalori, membentuk otot, dan membakar lemak dari tubuh.

9. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Berlatih yoga akan membantu Anda menjelajahi sisi lain dari diri Anda. itu akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan membantu Anda mengambil pendekatan positif dalam hidup. Yoga bisa membuat pikiran menjadi lebih jernih dan hati lebih damai.

10. Mendorong Pola Makan Sehat
Yoga membantu dalam mempertahankan daya tahan tubuh Anda dan menjaganya agar tetap bugar. Hal itu memotivasi Anda untuk makan sehat dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.


Ingin berlatih yoga bersama teman-teman? Yuk, langsung kunjungi Rumah Yoga di Sinpasa Commercial No A2, Summarecon Bekasi.
More info : 021 894 53626